Sambal Pecel

 

Sambel pecel adalah produk asli khas Madiun. Di Madiun, industri sambel pecel tumbuh subur sebagai industri rumah tangga. Yang membedakan sambel pecel asli Madiun dengan sambel pecel dari daerah lain adalah aroma jeruk purutnya.

Dengan bahan dasar kacang tanah, ditambah bumbu-bumbu cabe merah,cabe rawit, gula merah,gula putih,asam,garam dan jeruk purut yang diambil kulit buahnya,juga daunnya.

Proses pembuatan sambel pecel sangat sederhana. Kacang tanah dipilih yang bagus kwalitasnya,disangrai dan dikupas kulit arinya. Karena di Madiun sambel pecel menjadi salah satu produk andalan,maka tidak sulit mendapatkan kacang tanah yang bagus, bahkan yang sudah matang, siap untuk digiling. Kacang tanah matang ini diproses dengan cara dioven dan dikuliti dengan mesin sederhana.

Setelah bumbu-bumbunya siap, maka bumbu dan kacang tanah lantas digiling dan dicampur rata. Selanjutnya sambel pecel yang sudah jadi ditimbang dan dikemas. Daya tahan sambel pecel yang sudah dikemas, antara 3-4 bulan,tergantung dari mutu kemasan dan higienis tidaknya saat melakukan proses pembuatan sambel pecel.

Sambel pecel bisa dinikmakti dengan sayur-sayuran seperti bayam, kacang panjang, daun singkong, kenikir, timun krai rebus juga jantung pisang. Dilengkapi dengan serundeng, kering tempe dan peyek, bisa menjadi teman nasi atau lontong untuk sarapan pagi, makan siang atau makan malam.

Gambar Produk :